Rabu, 16 Maret 2011

Augmented Reality Sound


Pertama saya mau mengucapkan terima kasih kepada mbak Rise Lasdasari S.Kom & mas Anggi Andriyadi S.Kom atas tutorial Augemented Reality Soundnya.

Pada kesempatan ini saya ingin membantu kawan-kawan apabila ada masalah dalam mencoba tutorial yang dibuat oleh mbak Rise. Untuk melihat tutorialnya disini.


Saat saya coba membangun AR sound berdasarkan tutorial itu. Ada beberapa error yang muncul seperti 'glut.h' tidak terbaca dan 'status' pada 'marker_info[i].status' tidak ditemukan. Nah saya ingin sharing sedikit untuk masalah tersebut.

Pertama kita buka simpleVRML nya dengan menggunakan C++ pada ARToolKit\examples\simpleVRML dan ikuti tutorial yang sudah diberikan mbak Rise nya :). Apabila sukses berarti tidak ada masalah. Tetapi apabila ada error coba ikuti cara dibawah ini.

Masalah :

1. apabila sewaktu di debug tidak bisa / terjadi error : "cannot open iclude file:'GL/glut.h': no such file or directory", mungkin ada directory yang dibutuhkan belum di include.

coba:
Project-> simplevrml properties

di configuration properties-> C/C++ -> general
coba kawan kawan cek di additional include directories
folder yg harus kawan kawan include yaitu
..\..\DSVL\src
..\..\include
..\..\OpenVRML\include
..\..\OpenVRML\dependencies\include

selanjutnya di bagian linker -> general
forder yg harus d include pada aditional library directories adalah

..\..\DSVL\bin
..\..\DSVL\lib
..\..\lib
..\..\bin
..\..\OpenVRML\lib
..\..\OpenVRML\dependencies\lib

Coba debug lagi, apabila berhasil berarti tidak ada masalah lagi pada programnya dan tinggal dijalankan, tetapi apabila masih ada error seperti " 'status': is not member of 'ARMarkerInfo' ", maka kita harus menambahkan coding lagi, coba berikut ini

2. Pada \ARToolKit\include\AR cari file "ar.h" dan buka file tersebut. Setelah dibuka pada "typedef struct" tambahkan "int status" seperti di bawah ini :

typedef struct {
int area;
int id;
int dir;
double cf;
double pos[2];
double line[4][3];
double vertex[4][2];
int status;
}

Setelah itu debug dan save file "ar.h" tadi. Sekarang coba debug lagi "simpleVRML" nya.
Apabila sukses simpleVRML nya sudah bisa dipakai dan dapat mengeluarkan suara, tetapi apabila masih error dah keluar pesan error : "glut32.dll cannot be found" maka lanjutkan cara ini lagi.

3. Pada ARToolKit\bin tambahkan file glut32.dll tadi ke dalam folder itu. Dan coba debug lagi simpleVRML nya.
Seharusnya simpleVRML.exe nya sudah bisa dijalankan.

Apabila masih ada masalah, silahkan hubungi saya. Selagi saya bisa membantu saya akan mencoba membantu kawan kawan. Terima kasih

1 komentar:

Kani's Blog mengatakan...

mas julfandes maaf nih saya kanigoro mau bertanya,kalau misalkan kita mau bikin ketika marker muncul objek 3d nya,terus markernya kita halangin terus keluar suara itu gimana ya mas?terima kasih sebelumnya